All New Avanza, Mobil terbaik dan terlaris di Sewa Mobil Manado

Semenjak diluncurkan tahun 2003, Avanza langsung dapat diterima dengan baik dipasar otomotif nasional. Kala itu, Toyota memasarkan Avanza dengan dua pilihan model, yakni 1.3 G (5 MT) dan 1.3 E (5 MT).

Selang setahun kemudian, Avanza dengan transmisi otomatis diluncurkan. Di waktu yang bersamaan, Toyota juga melengkapi line up Avanza dengan menghadirkan tipe 1.3 S A/T dan diposisikan sebagai flagship. Di tahun 2006, PT Toyota Astra Motor (TAM) melahirkan Avanza bermesin VVT-i.

Selanjutnya, di tahun 2008 mobil ini mengalami perubahan dibagian atap yang didesain bergelombang untuk mengurangi bidang yang terkena air saat hujan.

Akhirnya, pada pertengahan tahun lalu, Toyota hadirkan generasi pamungkas Avanza. Hadir dengan desain lebih segar, mobil ini dimensi panjang 4,190, lebar 1,660 dan tinggi 1,695 mm.

TAM memasarkan Grand New Avanza dalam enam pilihan tipe, ipe E Standar M/T, Tipe E Standar A/T, Tipe E M/T, Tipe E A/T, Tipe G M/T, serta Tipe G A/T. Mobil low MPV (multi perpose vehicle) Toyota tersebut kini hadir dengan desain yang lebih elegan serta fitur terkini. Lantas seperti apa spesifikasi lengkapnya? Berikut ulasannya:

Eksterior Menawan dan Sporty

Generasi ketiga Avanza hadir dengan ubahan bentuk bodi yang terlihat lebih bongsor ketimbang generasi sebelumnya. Nuansa desain Keen Look Toyota kental terasa pada model terbaru Avanza ini. Terlihat bagian eksterior Avanza seperti memadukan berbagai model dari Innova serta Yaris, yang lebih dulu hadir model barunya.

Pada bagian grille depan, Toyota mendesainnya empat baris yang dilengkapi dengan lapisan krom membuat Grand New Avanza terlihat mewah dari depan.

Selain itu, bumper dengan desain baru dan lampu kini terlihat lebih ramping dari Toyota Avanza generasi sebelumnya. Menelisik lebih jauh kebagian samping, spesifikasi Grand New Avanza ini kini menggunakan New Side Body Molding dan aksen molding pada bodi samping Avanza ini dapat memberikan kesan mewah nan sporty pada mobil ini.

Terlihat Toyota menggunakan aksesoris di bagian tengah Grand New Avanza yang berbeda dari sebelumnya. Selain itu, desain lampu juga dibuat baru dan ditambahkan krom diantara reflektor baik di sisi kanan dan kirinya.

Pada bagian samping, TAM mendesain New Side Body Molding pada Avanza yang menghadirkan kesan sporty pada mobil ini. Sementara dibagian buritan, Avanza menggunakan desain lampu utama berdesain vertikal dan kini terdapat New Smoothing Panel dan dilengkapi dengan rear spoiler dan juga stop lamp baru.

Soal pilihan warna, setidaknya terdapat 8 pilihan yang dapat Mobil Mania pilih bila ingin memilik Grand New Avanza, di antaranya Beige Metallic, Black Metallic, Dark Brown Mica Metallic, Dark Red Mica Metallic, Grey Metallic, Nebula Blue, Silver Metallic, dan White.

Interior Yang Mewah Membuat Semakin Nyaman

Pada bagian kabin, Toyota hadirkan konsep yang berbeda dengan Avanza generasi sebelumnya. Sentuhan baru pada kabin Grand New Avanza ialah desain dashboard yang kini terlihat lebih elegan.

Dua aksen warna yang berbeda di bagian dashboard memberikan kesan tersendiri saat berada dibagian dalam Grand New Avanza. Hadir dengan layar sentuh berukuran 6,1 inci, sistem hiburan pada Avanza ini dapat terkoneksi dengan DVD, CD, AM/FM, USB, AUX, Bluetood & Ipod ready (untuk tipe 1.5G).

Untuk cluster maternya, Toyota hadirkan desain baru, New Amber Color Combimeter Design. Segala informasi serta instrumen pada mobil dapat terlihat jelas pada cluster mater mobil ini yang didesain tiga bagian serta model baru steering wheel.

Untuk jok Toyota hadirkan bahan berkualitas dan nyaman untuk melakukan perjalanan baik jarak dekat maupun jauh. Selain itu, dibagian baris kedua telah dilengkapi dengan one touch tumble yang memudahkan pengguna untuk mengatur kenyamanan posisi kursi ataupun menutup kursi untuk menjangkau kursi bagian baris ketiga.

Selain itu Toyota juga menyematkan recleaning system yang memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri kenyamanan kursinya. Grand New Toyota Avanza pun juga telah mengadaptasi teknologi Cabin Quitness yang akan meningkatkan kesenyapan kabin dan memastikan Anda tak akan terganggu oleh suara bising di luar.

Bangku baris ketiga juga dapat diatur, 50:50 holding. Jadi jika anda bepergian dengan banyak barang, bangku baris ketiga dapat dilipat dan memberikan banyak ruang dibagian bagasi.

Fitur Keamanan yang Memberikan Rasa Aman dan Nyaman

Untuk memberikan rasa nyaman, Toyota sematkan sistem suspensi yang menggunakan MacPherson Strut pada bagian depan. Sementara dibagian belakang gunakan per koil dan untuk sistem pengereman Toyota menggunakan rem cakram untuk bagian depan, serta rem model drum pada bagian belakang.

Untuk sisi keamanan, Grand New Avanza kini telah dilengkapi dengan side impact beam dibagian pintu. Fitur ini berfungsi untuk melindungi baik pengemudi ataupun penumpang dari benturan samping. Selain itu Toyota juga menghadiran seatbelt with pretensioner dan force limeter yang hadirkan manfaat mencegah cidera fatal apabila mobil mengalami benturan keras.

Adanya fitur front passanger seat belt warning memberikan rasa aman bagi penumpang, sebab fitur ini memberikan peringatan kepada penumpang terkait pentingnya menggukan sabuk pengaman. Untuk fitur keamanan lainnya ialah adanya 3 point seat belt dibagian kursi penumpang baris kedua.

Toyota Avanza juga dibekali sistem pengereman modern yakni Anti-Lock Brake System (ABS) sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan saat pengereman karena dapat mencegah terjadinya ban terkunci saat melakukan pengereman keras yang mendadak sehingga kecelakaan dapat dihindari.

Mesin yang Memiliki Performa Sempurna

Pada bagian dapur pacu, Grand New Avanza hadir dengan dua pilihan mesin, yakni 1.3L dengan mesin 1.500 cc dan juga Grand New Avanza 1.5L dengan mesin 1.500 cc. Mesin baru yang disematkan Toyota pada Avanza dapat menghadirkan pengalaman berkendara baru dengan performa mesin Dual VVT-i.

Mesin tersebut tergolong irit bahan bakar berkat pembarakan yang sempurna. Mesin tersebut memiliki tipe mesin DOHC empat silinder 16 katup dengan teknologi Dual VVT-i. Teknologi ini isokong dengan sistem pasokan bahan bakar EFI.

Hasilnya, Grand New Avanza mampu menghasilkan tenaga hingga 95 PS dengan putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 12,3 Nm pada 4.200 rpm.

Related Articles